GREAT Edunesia (GEN) berkomitmen mengelola perubahan dan inovasi melalui kerangka sistem yang holistik, dengan mengadopsi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Melalui Makmal Pendidikan, yang berfungsi sebagai laboratorium untuk dokumentasi dan perbaikan, GEN menekankan pada pengembangan strategi, pemantauan kinerja, pelaporan, perbaikan berkelanjutan dan orientasi stakeholder. Prinsip-prinsip yang dijunjung tinggi adalah dampak, inklusivitas, materialitas, dan pertanggung jawaban. Makmal Pendidikan memastikan bahwa strategi, kinerja, dan pelaporan terdokumentasi dengan baik untuk kebutuhan continuous improvement.
Makmal Pendidikan terdiri dari tiga kefokusan: Quality Management System (QMS); Data, Research and Development (DRD); dan Center of Education Study and Advocacy (CESA). QMS bertanggung jawab atas pengelolaan dan penjaminan sistem manajemen mutu lembaga. DRD mengembangkan kualitas program melalui pengelolaan data dan penelitian dalam mendukung inovasi program dan menjaga pengetahuan lembaga. CESA berperan dalam mengelola inovasi dan memastikan desain pengembangan program yang inklusif, baik representasi subjek maupun kebutuhan sasaran dalam bentul desain program dan kajian pendidikan. Tahun 2024, GEN berhasil mendapatkan Penghargaan SNI Award 2024 Peringkat Perunggu untuk pertama kali sebagai entitas baru pasca transformasi.
Dinamika organ di Dompet Dhuafa didorong bertransformasi menjadi Mitra Pelaksana Program (MPP), yaitu salah satunya Yayasan Pendidikan Umar Usman atau yang berikutnya dikenal dengan GREAT Edunesia (GEN). Dalam upaya ini, struktur organisasi berubah lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan zaman maupun stakeholder. Transformasi ini mencakup peningkatan kapabilitas lembaga holistik, pengintegrasian fungsi-fungsi lintas organ pendidikan, serta penekanan pada inovasi dan kolaborasi. Dengan struktur tersebut, GREAT Edunesia diharapkan dapat mencapai visi dan misi organisasi dengan lebih efektif dan kolaboratif dalam menciptakan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat.
Selain itu, manajemen perubahan melibatkan pengelolaan dinamika lembaga yang merupakan hasil konsolidasi beberapa organ pendidikan lain di ruang lingkup berbeda. Proses adaptasi ini membutuhkan pendekatan strategis dalam integrasi budaya organisasi, sistem kerja, dan nilai-nilai. Dengan membangun komunikasi efektif dan kolaboratif antar entitas, serta menyelaraskan visi dan misi seluruh organ, GREAT Edunesia berupaya menciptakan sinergi yang kuat. Melalui pendekatan ini, diharapkan GREAT Edunesia dapat mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada, sehingga mampu menghadapi tantangan dan dinamika di dunia pendidikan dengan lebih baik dalam menjaga dampak berkelanjutan bagi masyarakat.
Disahkan sejak Maret 2024, GREAT Edunesia melanjutkan perjalanan transformasinya dengan melakukan penyesuaian struktur organisasi untuk lebih responsif dan adaptif terhadap dinamika pendidikan. Dengan mengintegrasikan berbagai organ pendidikan di Dompet Dhuafa, GREAT Edunesia berhasil menciptakan sinergi
yang kuat dalam membangun visi dan misi untuk satu dekade ke depan. Penyesuaian ini juga diikuti oleh peningkatan kapabilitas organisasi dan inovasi dalam tata kelola, yang membantu lembaga untuk terus beradaptasi dengan perubahan eksternal. Sebagai bentuk pengakuan atas upaya tersebut, GREAT Edunesia meraih Penghargaan SNI Award 2024 Peringkat Perunggu, yang mencerminkan komitmen terhadap penjagaan dampak, kualitas dan manajemen mutu organisasi yang tinggi.
Makmal Pendidikan, sebagai departemen yang fokus pada penelitian, pengkajian, dan pengelolaan data, memainkan peran penting dalam mendukung transformasi GREAT Edunesia. Dengan kefokusan pada riset program yang komprehensif, Makmal Pendidikan mengumpulkan dan menganalisis data untuk memahami tantangan maupun peluang di dunia pendidikan. Fungsi pengkajian ini membantu organisasi dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan, serta memberikan wawasan berharga dalam pengembangan program yang lebih efektif dan berdaya guna.
Melalui Makmal Pendidikan yang berkolaborasi dengan berbagai departemen, GREAT Edunesia tengah menyusun desain pendidikan memberdayakan. Desain ini bertujuan menciptakan konsep pendidikan yang inklusif, inovatif, berbasis potensi dan kearifan lokal serta memiliki dampak berkelanjutan. Dengan fokus tumbuhnya kemandirian dan ketangguhan masyarakat, GEN berusaha membangun desain pendidikan berkarakter yang mengintegrasikan
kekayaan lokal dengan kebutuhan kapasitas sumber daya dan perkembangan teknologi di masa depan.
Selain menghimpun gagasan berasal dari best practice lembaga dalam membangun konsep pendidikan yang kuat, Makmal Pendidikan menyelenggarakan ruang belajar yang dinamis dan interaktif melalui webinar terbuka untuk umum serta pengelolaan komunitas peneliti pendidikan. Webinar ini dirancang untuk memberikan akses luas kepada masyarakat supaya bisa berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengetahuan. Ruang belajar ini diwadahi dalam sebuah komunitas peneliti pendidikan yang berfungsi sebagai wadah kolaboratif bagi para peneliti untuk saling berbagi hasil penelitian, metodologi, dan inovasi. Dengan pendekatan ini, Makmal Pendidikan berupaya mendorong hadirnya lingkungan belajar yang inklusif dan memberdayakan, dimana menghasilkan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan.
Guna memperkuat insight pengembangan, Makmal Pendidikan melakukan penelitian kaji dampak program sebagai best practice untuk memastikan berbagai catatan dan evaluasi pengalaman program menjadi masukan dalam membangun inovasi. Selian melihat dampak program, lembaga dapat mengidentifikasi area peningkatan dan menyusun rekomendasi perbaikan lebih lanjut. Dengan demikian, lembaga berupaya secara konsisten meningkatkan kualitas program pendidikan, bertumbuh sebagai model praktik baik pendidikan yang memberdayakan dan berkelanjutan yang daya saing tinggi.
Penerima Manfaat Komunitas
285 Kuliah Tak Gentar
4.085 SosPro (siswa)
6.648 SosPro (masyarakat)
Total anggaran yang didistribusikan pada 2024 adalah sebesar Rp.4.775.045.224 dengan rincian alokasi:
GREAT Edunesia Mitra Pelaksana Program
DOMPET DHUAFA